Jumat, 03 Desember 2010

BUDIDAYA JAMUR KUPING

Bulan November ini Pager Gunung didukung oleh Fakultas Biologi UNSOED mengadakan pelatihan budidaya Jamur Kuping.

Diharapkan dari pelatihan ini, program pertanian organik yang sudah berjalan baik di Desa Melung Kecamatan Kedung Banteng Kabupaten Banyumas ini menjadi semakin berhasil dengan bertambahnya komoditas yang dihasilkan masyarakat dan meluasnya pasar konsumen pertanian organik.

Usaha jamur merupakan usaha yang mulai naik daun akhir-akhir ini karena masyarakat sudah mulai dapat menerima jamur sebagai salah satu konsumsi mereka.  Selain rasa yang enak, jamur memiliki nilai gizi yang sangat baik.

Selama ini, budidaya jamur yang memasyarakat baru jamur Tiram Putih karena selain budidaya yang mudah, produk makanan yang bissa dibuat dari jamur Tiram Putih sangat beragam.

Akan tetapi, karena yang membudidayakan jamur Tiram Putih sangat banyak, lambat laun harganya semakin menurun karena serapan masyarakat belum meningkat.  Hal tersebut yang mendorong Pager Gunung untuk memfasilitasi masyarakat melirik budidaya jamur kuping. 

Budidaya jamur kuping sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan jamur Tiram Putih.  Akan tetapi karena minimnya informasi yang diterima petani, maka jamur yang sering dihidangkan pada acara resepsi pernikahansebagai campuran sup ini kurang dibudidayakan oleh masyarakat umum.
Pager Gunung mendapat pelatihan langsung oleh Bapak Aries Mumpuni, seorang ahli jamur yang sehari-harinya berprofesi sebagai dosen dan peneliti di Fakultas Biologi UNSOED.

0 komentar:

Posting Komentar